Minggu, 06 Desember 2015

Hantu Kiriman Sengketa Tanah

Dari taun 2006 gw ngekos diibukota. Sebagian dari masa kuliah gw dan masa awal awal gw udah mulai kerja gw ngekos ditempat yang sama sampe akhirnya pindah diakhir taun 2010. Pertama ketemu sama pemilik kosan (ibu kos) gw mendapat kesan dia orangnya punya semangat hidup yang tinggi, rajin, dan serba bisa. Saking rajinnya, pernah gw mergokin dia lagi ngepelin lantai kos kosan padahal punya pembantu 2 orang. Karena ga enak, mau ga mau kepaksa gw akhirnya ikut bantuin ngepel . Yang paling penting sih, anak cewe sulungnya gan :, biar udah punya anak dua gw naksir berat, tipe gw banget :. Singkatnya gw cocok lah dengan kosan ini, apalagi didepannya ada lapangan badminton yang kalo malem gw bisa ikutan maen, dan kalo sabtu sore jadi tempat ibu ibu dan anak perawan pada senam :.
Kosan gw berdampingan dengan rumah ibu kos, walau sebenernya satu rumah dengan tiga lantai yang dibagi dua, sebelah kanan rumah ibu kos sebelah kiri kos kosan. Untuk kosan, lantai pertamanya dijadikan garasi dan gudang, lantai ke-2 isinya kamar kosa kosan, lantai ke-3 tempat nyuci dan jemur baju, dan kalo lagi musim layangan biasanya anak-anak pada nongkrong disitu sambil maen layangan . Sedang untuk rumah ibu kos, lantai 1 dan 2 tempat tinggal ibu kos dan keluarga, lantai 3nya kamar pembantu dan gudang.
Cuman ada empat kamar ditempat kosan gw itu, kamar mandi ada didalam setiap kamar. Cocok buat gw karena jadi ga terlalu ramai, dan ga perlu rebutan kalo mau ke kamar mandi. Kalo dari luar, kamar gw ada paling depan setelah balkon terus bejejer kearah dalem kamar 2, 3, dan nomor 4. Didepan ke-4 kamar ini ada lorong yang menghubungi ke-4 kamar dan juga sekaligus tempat lalu lalang penghuni kos. Kadang kalo lagi pada kumat, penghuni kos pada ngeluarin kasurnya terus pada tidur bareng dilorong . Diujung lorong (didepan kamar nomor 4) ada tangga untuk naek ke lantai 3. Oh iya, kosan gw itu cuman nerima cowo, maho dilarang masuk
Gambaran lokasi mudah-mudahan udah jelas, dan cerita pun berlanjut...........
Dua taun pertama ga ada yang mencurigakan. Semuanya keliatan normal, ga ada yang berubah sejak gw datang. Mantan suami ibu kos gw sering muncul dan lumayan akrab dengan anak kos. Dengan ibu kos gw sering ketemu atau papasan. Dan si bungsu makin menjadi jadi :, emang beneran cewe ideal itu pasti udah ada yang memiliki .
Keanehan mulai ada sejak temen gw dikamar nomor 4 pindah kosan. Alesannya pindah sih wajar, karena emang dia udah ngambil kredit rumah. Sebenernya sih sejak ibu kos pulang haji keanehan mulai ada, tapi gw pribadi ga terlalu ngeh juga. Gosipnya sih, si ibu kos ini naek haji ongkosnya dari hasil jual tanah. Semenjak temen gw yang dikamar nomor 4 pindah, orang yang ngekos dikamar nomer 4 ga pernah tahan lama. Satu atau dua bulan keluar, ganti orang baru lagi, keluar lagi. Dan pembantu dirumah ibu kos pun mulai gonta ganti juga. Gw denger juga ibu kos udah mulai sering sakit sakit, dan gw jadi jarang bertemu lagi sama dia. Begitu pula dengan mantan suaminya, sampai gw pindah kosan pun gw ga pernah lagi ketemu dengan dia.
Yang paling kerasa sama gw sendiri adalah suasana dikosan jadi berubah, ada kesan suram rasa sedih kalo gw lagi ada dikosan. Selain itu ada beberapa titik dikosan yang terasa jadi menyeramkan, tiap gw lewat dititik itu pasti muncul perasaan kayak sedang diawasi. Setiap disedang ditangga buat naik ke lantai 3 selalu ada perasaan ingin menoleh kekamar nomor 4 yang sedang kosong ditinggal penghuninya atau karena memang sedang tidak ada yang ngekos dikamar itu. Begitu juga dilantai dilantai 3, tempat mencuci bersebelahan dengan gudang dari rumah ibu kos. Didinding diantara tempat mencuci dan gudang ada satu jendela kaca untuk ventilasi, kalau sedang ada dilantai 3 pasti selalu ada perasaan untuk menoleh ke jendela itu. Awalnya sih masih bisa diabaiin, tapi lama kelamaan perasaan itu jadi makin kuat, dari rasa seram akhirnya berubah jadi rasa takut kalau sedang beradi di 2 titik ini. Akhirnya gw berkesimpulan ada 'penghuni' baru dikosan ini . Gak pernah lagi dah gw sejak saat itu nyuci kolor malem malem atau iseng sendirian keatas.
Pernah disuatu sabtu siang yang cerah gw dan penghuni kamar 2 dan 3 (kamar nomor 4 lagi kosong) sedang maen CS lewat LAN dari kamar masing-masing, tiba-tiba pintu lorong seperti ada yang ngebanting 'brak! brak!' kenceng banget suaranya. Lorong yang ada didepan kamar gw dan kamar kosan yang lainnya ada pintunya, jadi kalo mau masuk dari balkon harus lewat pintu dulu baru deh masuk lorong dan bisa liat pintu-pintu kamar kosan. Pintu ini ga pernah ditutup kecuali lagi hujan angin gede banget dan saat anak-anak semuanya pulang kampung. Sengaja dibuka terus karena kalau ditutup udara dilorong jadi panas dan lembab, biar kebuka terus ada batu kurang lebih sebesar batu bata yang dipake buat ganjel itu pintu. Berhubung kamar gw yang paling deket dengan pintu lorong, suaranya jelas banget gw denger padahal lagi pake headset. Pintunya kayak ditutup dengan kasar terus ditendang sampe kebuka. Gw keluar kamar buat ngeliat, terus 2 temen pada nongol kepalanya dari pintu kamar masing-masing. "Kenapa lu?" tanya mereka disangkanya gw yang banting itu pintu. "Angin kali" jawab gw yang sama bingungnya seperti mereka, padahal hari itu sedang ga berangin. Abis itu kita lanjut lagi maen CS nya. Real Gamer's coy
Kejadian serupa pernah kejadian lagi. Malem-malem sekitar jam 9an pas anak-anak lagi pada ngumpul nonton (pelm anu gan ) dikamar nomor 3, pintu lorong kembali kayak habis kena dobrak gajah afrika yang lagi nahan cepirit . Padahal pintu udah dalam kondisi terbuka. Abis denger suara pintu kayak didobrak, gw dan yang lain padi diem ditempat sambil ngeliat ke arah lorong. Pintu kamar emang sengaja ga ditutup, selain karena berbahaya jika ada 3 pemuda didalam satu kamar tertutup , kalo ditutup panas banget, jadi kita biarin pintu terbuka sehingga bisa ngeliat ke lorong. Salah satu temen gw ngomong "apaan tuh?". Nah sesaat sebelum temen gw itu nanya gitu, gw sendiri kayak ngeliat ada angin/asap tipis yang melesat dari arah pintu lorong kearah tangga. Kami bertigapun terpaksa keluar kamar buat ngecek, tapi ga ada sesuatu apa yang kami temukan. Kami pun masuk lagi kedalam kamar lanjut nonton lagi. Real mesumer's coy
Kejadian kayak gini kembali terulang sekali nanti. Keanehan yang terjadi dari kejadian ini, yang baru akan gw sadari nanti, adalah sebenarnya pintu ini ga pernah dibanting atau didobrak. Bahkan mungkin pintu itu ga pernah bergeser semilipun begitu juga dengan batu ganjelannya. Sampe kejadian yang kedua, masih mengganngap kejadian ini bukanlah kejadian yang fenomenal dan penting untuk dipikirkan.
Setelah lama kosong dan berganti-ganti penghuni akhirnya kamar nomor 4 akhirnya terisi. Kali ini diisi dua orang, dan mereka menempati kamar nomor 4 lumayan lama. Mungkin karena 2 orang ini teman sekantor yang kalo berangkat kerja dan pulang kerja dan ada dikosan hampir selalu bersama jadi perasaan seram jadi hilang dibanding kalo sendirian ketika menempati kamar nomor 4. Yang pasti sejak 2 orang in dateng, kondisi kosan agak membaik dari sisi keseramannya .
Tapi dilain cerita, yang juga baru gw tau nanti, ternyata setelah penghuni terakhir kamar nomor 4 sebelum yang 2 orang ini, pihak keluarga ibu kos udah mengundang orang pintar untuk 'membersihkan' rumah dan kos kosan, pantesan suasana kosan jadi sedikit adem . Dan ternyata sejak ibu kos pulang dari naik haji, ini bukanlah usaha 'pembersihan' pertama yang sudah dilakukan dan juga bukan yang terakhir. Seingat gw, orang pintar yang diundang ada yang dari Bogor juga dari Banten, gw pernah bertemu dengan salah satunya tapi ga ngeh kalo itu orang pintar yang emang diundang keluarga ibu kos.
Usaha 'pembersihan' selalu dilakukan pada saat kosan sedang kosong, jadi gw dan 2 temen yang lain ga pernah tau. Dan kamipun ga tau kalo kondisi ibu kos sebenernya sudah memburuk baik kesehatannya, fisiknya dan psikologisnya.
Suatu sore gw baru pulang kerja, pas lagi mau masukin motor ke garasi gw dibikin kaget sekagetnya. Begitu buka pagar garasi ternyata ibu kos ada berdiri dibelakang pager, yang bikin kaget tatapan matanya bikin bulu kuduk merinding . Badannya jadi kurus kering, keriput yang seharusnya belum ada bikin si ibu kos keliatan tua banget, dan matanya itu gan bikin jantung copot . Ga sedang melotot tapi kayak lagi melotot, susah jelasinnya gan, yang pasti pas waktu itu gw bener bener kaget belum pernah gw sekaget itu, serem banget .
"Selamat sore tante" gw sapa ibu kos, tapi dia diem aja , suer gw ga berani natap ke matanya waktu itu, sebentar sebentar aja gw ngeliat kearah si ibu. Dua kali gw sapa tapi dia diem aja, dan posisinya itu ngalangin motor gw masuk . Kepaksa gw harus susah payah buka semua pager. Selama gw buka pager garasi terus masukin motor terus nutup pintu garasi si ibu kos diem terus diposisinya, sementara gw menghindari bertatapan langsung dengan dia. Setelah beres gw ngacir langsung ke lantai dua masuk kamar taro tas langsung ngacir lagi ke kamar nomor 3 untuk begosip

0 komentar

Posting Komentar