Senin, 02 November 2015

Hantu Pengganggu Ibu Hamil

Judul : Cuci.. Cuci Sendiri...
Tersangka : Kasmi
Korban : Emak saya
Lokasi : Subang, kampung halaman emak
Jadi ini kisah sewaktu emak saya mengandung kakak laki-laki saya, kelahirannya hanya tinggal menunggu hari saja.
Emak tinggal dengan nenek, dan keponakannya yang masih berusia 11 bulanan. Dulu bapak bekerja sebagai ABK, jadi jarang pulang (tapi bukan bang toyib lo..)
Emak tinggal di perkampungan yang masih hijau banget.. sawah-sawah bertebaran, pohon-pohon bambu di sekitaran kampung, pokoknya adem banget deh tempatnya.
Nah... kisah bermula sewaktu emak mo nyuci baju di sumur di belakang rumah pada suatu siang.
Emak : Mak, saya nyuci dulu ya di belakang
Nenek : Iya deh, ati-ati.. Emak mo beli minyak tanah dulu ke warung bentar
Emak : Iya mak
Nyuci lah emak saya... Cek kucek kucek... Ga lama terdengarlah suara azan dzuhur.."Wah udah tengah hari ya.. Lanjut aja deh, nanggung nyucinya.."pikir emak saya. Mendadak, ada suara anak ayam dari kejauhan yang terdengar berasal dari arah pepohonan bambu di hadapan emak. Ciap ciap... Suaranya perlahan-lahan makin keras dan seakan makin mendekat ke arah emak saya. "Kok ada suara anak ayam ? Mana anak ayamnya ?" penasaran emak saya celingukan , tapi karena sedang seru-serunya mencuci dan ga keliatan wujudnya, beliau pun mengabaikannya.. Tapi si ciap ciap masih saja terdengar dan makin lama semakin dekat hingga... *siiiiinggg...* sunyi senyap, lenyap suara ciap ciap anak ayam...
Suddenly.. "Pssssttt...! *&#$@" Ada bisikan di telinga emak tanpa terlihat wujudnya. "Astagfirullah..!"
"Pssssttt...! *&#$@" Lagi, terdengar tepat di telinganya. Menjerit lah emak saya memanggil-manggil nenek ( nenek masih di warung ) , kakek sebelah rumah ( kakek Awak ), namun tak satu pun yang datang maupun menyahut. Maka tanpa ada pilihan lain, beliau pun merangkak menuju ke rumah (beliau takut kalau lari dengan perut bulat besar ntar beresiko jatuh, bisa-bisa saya ga punya kakak tuh ) sambil istigfar dan menangis ( kasian emak saya ya. Emang sialan itu dedemit ! )
Begitu masuk ke dalam rumah, emak hanya bisa menangis sambil gemetaran. Nenek yang baru pulang pun langsung menanyakan mengapa emak menangis. "Itu... Itu... ada yang kasak-kusuk di telinga tadi di sumur"jawab emak sambil sesungukan. Nenek saya langsung ngeh. Nenek kemudian mengambil segenggam bawang putih lalu dilemparkan ke arah belakang rumah sambil marah-marah "Jangan ganggu-ganggu anak saya !!".
Ga lama, nenek pun memanggil kakek Awak dan memberitahu apa yang terjadi pada emak saya. Setelah mendengarkan cerita dari nenek dan emak, kakek Awak berkata " Itu pasti ulah si Kasmi. Ntar kakek ama kakek ming kesana, tegur dia. Kamu tenang aja"
Maka pergilah kakek Awak dan Kakek Ming (orang pintar di kampung emak) ke kuburan di belakang rumah dan kata emak saya sih mereka buang air (ga tau maksudnya kencing apa buang air apaan. Emak saya juga ga tau waktu saya tanyain )
Ternyata yang berulah itu Miss K yang bertempat tinggal di belakang rumah emak saya.
Dulu, waktu masih manusia (masih hidup) namanya Kasmi. Almarhum meninggal sewaktu melahirkan. Begitu sang anak keluar, Kasmi saat itu juga menghembuskan nafas terakhirnya.
Kasmi dimakamkan di hutan bambu di belakang rumah emak saya. Dan kata emak, si Kasmi ini emang hobi banget gangguin bumil-bumil di kampung. Katanya harum

2 komentar: