Rabu, 23 September 2015

Cerita Misteri Gunung Merbabu

Ini cerita kejadiannya pas naik Gn. Merbabu, rencana mau double summit (Merbabu - Merapi). Estimasi waktu 3 hari 2 malam, berangkat jumat pulang minggu). Sekenario perjalanannya (gampangnya ) gini, pertama naik Merbabu via Jape Wekas dan turun via Jape Selo, terus lanjut naik Merapi naik-turun via New Selo.

Oh iya, ini acara naik bareng, tapi bukan penmas. Sekitar 30an orang, dari Malang, Surabaya dan Jogja (ane dr Jogja).

Perjalanan dimulai... Skip Skip Skip...

Sampai di pos 2 wekas, bangun tenda, masak ... Skip Skip Skip

Lanjut perjalanan muncak... Skip Skip Skip

Nyampe Puncak, foto dan lanjut turun via Jalur Selo.
Kami mulai perjalanan turun udah sore, udah Ashar gt lah. Nah ane kan belum pernah lewat jalur Selo kan waktu itu, kalo naik merbabu ya naik Wekas, turun Wekas.

Perjalanan turun pun dimulai, mulailah ada yg menggelinding berguling pas turun (tanah dan rumput basah kena ujan jdnya licin). Pas nyampe trek datar yg ada pohon2nya dikit, ane ngasoh dulu, ambil sebatang rokok dan rokokan. Mulai satu persatu temen lewat dan ngajak jln bareng tp ane tolak karena masih enak ngasoh sambil rokokan hhe..

Rokok dah mau abis, ane coba ambil headlamp di keril. Tp apes, headlamp g ada. Ane inget tu headlamp ane keluarin pas mau ambil ponco dan ane gletakin ditanah di perjalan muncak. Pas lagi setengah panik, 2 temen ane yg kebetulan dr jogja dateng, yaudah stlh bilang ini itu (diantaranya headlamp ane ilang) mutusin bareng mereka turunnya. Kebetulan jg salah satunya ada yg udah pernah lewat Jalur Selo, jd aman deh pikir ane.

Kita mulai jalan bertiga nih dari sini, udah semakin gelap dan ditambah guyuran gerimis. Suasanya jadi banget deh, mau maghrib ujan gerimis heeeeem..
Sebenernya rada g biasa sih buat ane, mau maghrib ttp jalan. Biasanya ane ngerest dlu klo mau maghrib dan lanjut lg setelahnya.

Akhirnya kami bertiga masuk daerah Sabana 2, dan itu posisi udah sedikit lg gelap gulita, jadi pohon itu cuma keliatan item berdiri. Nah dari kejauhan ane liat ada 2 pohon gedhe tinggi, tp lo dipikir lebih mirip kaya gapura kerajaan2 gt lah, tp klo dipikir lg g mungkin ada bangunan gituan disini. Ane waktu itu mikir positif aja kalo 2 item2 gedhe tinggi yg ane liat dr kejauhan itu pohon. Setelah semakin deket, ternyata 2 "pohon" tadi berada di sisi kanan-kiri jalan yg akan kami lewati (persis gapura). Nah, setelah deket banget.. paling jarak 2 meter gt ane liat tu "pohon" yg sebelah kanan, dlm hati ane bilang "kok kaya ada bulu2nya dan mirip kaki", ane lansung liat yg kiri ternyata sama aja. Udah, ane lgs down rasane mikir lo itu udah bukan barang bener. Tapi anehnya, pas ditengah2nya itu.. ane malah nyoba ngliat lagi yg di kanan ane, dari bawah ke atas. "bener ini kaya kaki berbulu, warna item" liat keatas lagi... ada tangannya, itu jari ama kukunya panjang2 bnr, tp keriput2 gt gan. Udah ane lgs tambah diem dah itu. Tp alhamdulillah bisa kuasai diri lah, wlpn dongkol g karuan. Soalnya temen ane yg 2 orang ttp ngobrol biasa, mungkin krn mereka g liat tu barang g bener.

Headlamp pun menyala, karena udah bnr2 gelap.. tp emang rada apes kali ya, headlamp temen ane yg 1 redup bgt cahayanya. Karena kemungkinan nyala terus pas di dalem tas. Ywdh akhirnya aiy ambil hp, yg kebetulan ane pasang aplikasi buat penerangan. Hp ane bungkus plastik, biar ndak kena air.. trs aiy pake buat penerangan ane pas jalan.

jalan-jalan-jalan.. sampai kami di Sabana 1. nah di sabana 1, kalo mau turun pas waktu itu ada 2 jalur (cabang). Nah disitu ane tanya ke temen ane yg pernah lewat jalur itu, mau lewat kanan atau kiri? dia jawab kanan saja, katanya lebih enak jalane. Yaudah ane dan temen satunya lg ikut aja, wong blm pernah lwt tu jalur. Temen yg dah pernah jwt jalur, sebut dia A, yg blm pernah B, dan Ane.

Dari sini si A leaderin kami berdua, menyusul B di no.2 baru ane dibelakangnya. Jalan sekitar 15menitan lah, kok jln setapknya ilang jd rumput2 semua (kaya belum pernah dilewatin orang). Karena ane ngrasa kok aneh, ane tanya si A kalo ini bener nggak jalannya. Dia jawab, sebenernya dia agak lupa, tp ttp yakin klo itu jalannya. Yaudah ane diem n jalan lagi, kok malah semakin gini jalane... curam, rumput dan pohon2 kecil yg buat ane pegangan kok duri2. Yaudah ane suruh stop dlu si A, ane tanya lg ini bnr g jalannya.. si A kynya udah mulai bingung jg. Wah... tambah bener lagi ini pikir ane, jangan2 nyasar. Udah mulai panik ini, mau balik naik lg susah bgt lah, bukan naik mlh bisa kepleset turun ngglundung. Akhirnya si A teriak dan ada yg nyaut teriak jg dr sebelah kiri. Saya mulai tenang, dan rada g kepikiran kalo nyasar. Soalnya beberapa hari sebelum naik, 2 orang temen cewek ada yg bilang kalo mereka mimpi hampir sama, intinya mereka mimpi pas ane naik Merbabu itu tersesat dan ditemukan meninggal.

Lanjut, si A masih minta arahan jalur dr orang yg nyaut di sebelah kiri dengan teriak. Suara orang di sebelah bawah bilang klo suruh ambil kanan. Pikiran ane ini pasti jalurnya muter. Tiba2 saja si A terperosok, disusul si B jg terperosok dan nimpa si A. Ane yg masih diatas teriak dan kaget liat mereka berdua nglundung. Udah terus ane percepat turunnya, g urus pegangan pohon berduri. Alhamdulillah si A dan B gpp, mereke berhenti pas 1 meteran sblm jurang. Ane marah2in tu 2 temen ane, khawatir sbnre.