Rabu, 23 September 2015

Tuyul ?

26 Juni 2015, sore hari menjelang buka puasa.
seperti biasa ane yang masih nganggur dan sibuk skripsian jogrok aja di depan komputer seharian penuh. sedangkan nyokap lagi asik sama ponselnya. mungkin whatsapp-an sama temen-temen kerjanya, atau muridnya.

FYI komputer ane terletak di ruang keluarga (denahnya seperti cerita sebelumnya), komputer ane ada di sebelah sofa, tepat setelah pintu masuk dari teras, sebelum pintu kamar ortu ane. sedangkan nyokap, lagi duduk duduk anteng di karpet tempat biasa ane tidur-tiduran atau tidur beneran.

"Assalamualaikum, kak, bu Anna (anggep aja nama nyokap ane)-nya ada?" seloroh seorang ibu-ibu tetangga ane sambil tersenyum lebar di depan pintu yang emang ane biarkan terbuka sebagian. (pintunya model yang 2 pintu kiri-kanan itu, biasanya ane buka yang kanan doang, jadi yang langsung keliatan dari luar adalah sofa dan meja komputer)

ya.. salah satu tetangga ane adalah murid nyokap di sekolah, kebetulan memang nyokap adalah wali kelasnya. Dia tinggal di ujung depan gang, tepat setelah portal besi yang menutup gang ane. di cerita sebelumnya, ane pernah cerita kan bahwa "menurut tetangga, ketika dia pulang kerja naik taksi si supir enggan nganter ke dalem komplek karena menurutnya komplek ane merupakan perkampungan jin.". nah, beliau lah orangnya.

"lah, itu." ane tunjuk belakang ane, santai

"siapa, ces?" tanya nyokap sambil benerin kacamatanya

"masuk, bu." ujar ane sambil jalan ke depan pintu

si ibu masuk sama anaknya, bawa 1 kado ukuran besar.

"eeeeh... mama Dinaaa (anggep aja nama anaknya).. masuk sini bu. aduh makasih bu repot-repot segala kayak orang baru aja" kata nyokap

"saya harusnya makasih sama ibu, ibu udah sabar banget ngajar Dina 1 tahun ini sampe nilainya naik dan menang lomba " sahut si ibu

"maaf bu tadi pagi saya gak sempet dampingin Dina kelulusan dan ambil rapor di sekolah.. baru sempetnya sekarang." lanjutnya.

ane duduk lagi depan komputer, cuek.

nyokap ane ngobrol-ngobrol seputar rapor bocah itu, yang baru dibagikannya pagi tadi.

ada berita yang cukup menarik ane baca di salah satu portal berita.

bocah SMP menangkap 11 tuyul

hah???

"mah, tuyul beneran ada, toh?" celetuk ane

"apaan?" jawab nyokap ane

"tuyul" sahut ane

"berita yang bocah SMP itu ya kak?" kata mama Dina

"iya bu." jawab ane

"disini juga dulu ada." jawab nyokap, enteng

"masa sih bu? saya kira supir taksi itu bohong kalo disini banyak jin-nya.." tanya mama Dina

"yee.. pernah bu, dulu. waktu saya baru pindah kesini pas rumahnya baru jadi, belum ada siapa-siapa baru ada tetangga depan rumah saya doang. rumah masih pada kosong. si ices mah gak inget kali.. umurnya aja baru 3 tahun." ujar nyokap memulai ceritanya.

obrolan pun beralih ke cerita nyokap.

Quote:"dulu, pas baru banget pindah bu, sebelum rumah saya jadi segede gini. dulu mah rumah saya gedenya cuma sepanjang ruang ini aja. depan pintu, belakang sini yang ada TV ini dulunya dapur, trus itu jadi tempat cuci piring. kamar saya itu tadinya bisa jadi 2 kamar.. boro boro punya mesin cuci, dulu mah biasanya suami saya nyuci baju di teras cuma ya percaya gak percaya sih.." ujar nyokap sambil nunjuk 1 petak legokan berukuran 1x1m yang ada di sudut belakang ruangan

"terus ma?" tanya ane

mama Dina dan ane mendengarkan dengan serius.

"nih, ces, kamu inget kan dulu kita sebelum jadi kayak sekarang mah suka nyewain mobil pick up buat anter buah ke pasar induk?" tanya nyokap

"iya, ma. yang pake pick up biru itu kan? yang nyupir Om Panjul (sebut aja gitu)" jawab ane

"nah, bener." sahut nyokap

"terus, bu?" tanya mama dina, penasaran

"dulu ya, anak saya baru 2, baru ada si Ices sama si Ali (sebut aja gitu). si Ali masih bayi, si Ices masih umur 3 tahun. ices mah pulang TK tidur siang di kamar saya, si Ali lagi saya gendong-gendong di depan, bapaknya ices lagi ngecek mobil, maklum lah baru pulang anter buah. siang siang bu kejadiannya." cerita nyokap

"saya kaget bu, saya kayak lihat bocah kecil lari nyelonong dari kamar saya ke arah dapur. saya kira mah si ices, tapi kok telanjang. langsung saya uber aja."

"heh!! pah! pah! tolongin pah!" saya teriak gitu sambil lari ke arah dapur.

"bapaknya kaget kan, nyusul saya di dapur."

"eh.. bocahnya kayak merayap di dinding trus ilang ke arah plafon yang atas itu" lanjut nyokap sambil nunjuk plafon bagian atas tempat cuci


"apaan itu bu? hahaha" kata mama Dina sambil ketawa garing

"beneran, ma?" tanya ane

"iya, bener.. waaah.. mayan heboh itu waktu itu. kaget saya. " jawab nyokap

"terus ma, tau itu tuyul darimana?" tanya ane

"nah ini nih.. mama juga gak tau yah, tapi pas abis liat bocah itu ilang, mama nemu uang mama selembar 100ribu ngambang di bak air tempat cuci. bener aja pas mama cek ke tempat mama nyimpen uang, uang hasil sewa mobil itu ilang selembar. yaudah abis itu sekalian mama tanya aja ke tetangga depan itu, uangnya pernah ada ilang atau gak, untungnya gak ada sih.. " tutupnya

0 komentar

Posting Komentar