Kamis, 24 September 2015

Genderuwo di Rumah Bude

Pada libur lebaran tahun kemarin, ane sama keluarga mudik ke kampung halaman di salah satu desa di sidoarjo, jawa timur.
beberapa hari disana, ane sama ibu sering ga kebagian kamer buat tidur. maklum, keluarga dari jauh pada ngumpul di rumah nenek.
akhirnya, disuatu hari yang naas itu, ane sama ibu diajak tidur di rumah mertua bude. berikut singkat nya denah rumah mertua bude ane. rumah mertua bude ane ini masih nyambung sama rumah bude ane. cuma kepisah sama 1 pintu samping. di rumah mertua bude ane ini, ada 3 kamar. 1 kamar ada di bagian paling belakang rumah, 2 kamar ada di bagian depan. kamar yg paling belakang ini dijadiin gudang sama pakde, dan 1 kamar di bagian depan dijadikan kamar solat.
letak 2 kamar bagian depan ini bersebelahan. dan di depan kedua kamar itu diletakkan sebuah kasur beserta kelambu nya, dan hanya menyisakan jalan sekitar 5 keramik. di bagian ruang tamu, juga ada kasur springbed kecil tanpa dipan, dan ada 2 sofa panjang. bagian belakang rumah dan bagian depan, di pisahkan oleh kamar mandi dan sumur.
kembali ke cerita. malam itu, ane sama ibu kebagian tidur di ruang tamu, sedangkan pakde sama bude tidur di sebelah kamar sholat. sekitar pukul setengah 12 malam, ibu ane nyolek2 bangunin ane, katanya minta dianterin ke kamar mandi. dengan mata masih setengah merem dan nyawa masih setengah ngumpul, ane anterin ibu ke kamar mandi. setelah dari kamar mandi, ane sama ibu ane sama-sama ga bisa tidur lagi. ibu ane akhirnya nelpon bokap, buat jemput ibu dari rumah mertua bude. 15 menit kemudian, ibu ane dijemput bokap balik ke rumah nenek. tinggalah ane sendirian di ruang tamu.
karena ane ga bisa tidur, ane maenin aja hape ane, iseng nelponin cowo ane
lagi asik2 nya nelpon, dari sudut mata, ane ngeliat ada sesosok hitam yang berdiri di pojokan ruang tamu, tepat di dekat sofa.
ane yang lagi asik nelpon langsung melanin suara dan bilang ke cowo ane kalo ane udah ngantuk. setelah selesai telpon2an, ane beraniin diri buat ngeliat sosok itu lebih jelas. sosok hitam itu semakin jelas dan bergerak maju 3 langkah sampai di depan sofa. sosoknya sangat menyeramkan, badan nya hanya ditutupi oleh buu2 hitam panjang dan tidak memakai baju atau kain sama sekali. kedua matanya merah, dan tangannya panjang disertai kuku yg panjang. panjang tangan nya sampai di dengkul kaki nya.
ane cuma gerak pelan2 ke deket pintu depan. sosok hitam itu ngeliatin sambil ngikutin ane pergi kemana. ane langsung telpon bokap, minta di jemput balik.
ane cuma ngawasin sosok itu, ane ga teriak sama sekali, karena ini bukan pertama kali nya ane ngeliat beginian
tapi buat yang ini, ane lebih memilih buat pergi, karena ane ngerasa, kalo ane disitu, ane yg ga selamet.
ketika bokap ane dateng, sosok itu langsung menghilang, dan ane langsung balik bareng sama bokap.
dirumah nenek, ternyata keluarga belum pada tidur, termasuk ibu. Bokap bilang pas udah di rumah nenek, ibu cerita, katanya pas di rumah mertua bude, ibu ngeliat pakde jalan ke belakang rumah dari kamer. tapi pas ibu mau ke wc sama ane, pakde ternyata masih tidur. padahal pakde yang tadi jalan ke belakang belum balik.
akhirnya ane ceritain apa yang ane alamin pas ane sendirian di rumah mertua bude.
beson pagi nya, bude sama pakde langsung ke rumah nenek. bude sama pakde membenarkan kalo emang suka ada sosok setro di rumah mertua nya dan agak susah disuruh pergi nya.
ane sama ibu beneran kapok tidur disitu lagi.

1 komentar: